Minggu, 05 Februari 2017

Mahalnya Udara Segar di Perkotaan

Polusi Udara di Jakarta

Para pembaca yang budiman, baru-baru ini diberitakan di berbagai media mengenai tingkat polusi udara di berbagai kota besar di Indonesia. Kesimpulan beritanya cukup mengejutkan, bahwa ternyata di beberapa kota besar diantaranya Ibu Kota Jakarta, tingkat polusi sudah sangat menghawatirkan sehingga sampai pada level membahayakan.

Hal ini tentu mengundang kekhawatiran terutama bagi kita yang tinggal di wilayah perkotaan, karena seiring berjalannya waktu dimana perkembangan teknologi makin maju, ditambah dengan jumlah penduduk perkotaan yang makin padat, maka bukan sesuatu yang mustahil jika dalam beberapa waktu ke depan tingkat polusi di wilayah perkotaan akan makin parah. Dan bukan mustahil juga, kota besar lain yang tidak sepadat Jakarta seperti kota Bandung misalnya, akan mengalami hal yang serupa di beberapa waktu ke depan. Kita tentu sama-sama tidak ada yang mengharapkan hal ini terjadi.

Bagi anda yang tinggal di kota Bandung dan pernah merasakan hidup di era 80-an seperti saya, anda tentu akan terkenang dengan indahnya cuaca dan kesegaran kota kembang ini. Saya sendiri masih ingat, saat usia SD seringkali saya meghabiskan sebagian waktu di malam hari untuk berada di dak rumah dan menikmati indahnya langit Bandung yang dihiasi oleh jutaan (atau mungkin milyaran?) bintang berkerlap kerlip. Sungguh sebuah pemandangan yang saat ini sangat mahal bagi para penduduk kota. Hal ini terjadi karena dulu polusi di kota Bandung masih sangat sedikit, sehingga langit masih sangat bersih. Saat ini seiring dengan meningkatnya polusi udara, maka bintang akan sangat sulit terlihat dengan jelas.

Belum lagi bicara masalah suhu cuaca, di era 80 sampai 90-an suhu di kota Bandung sangat dingin, jauh dengan suhu saat ini. Saat ini jangankan di kota Bandung, di pinggiran Bandung saja yang masih masuk wilayah pegunungan seperti Lembang dan Ciwidey misalnya, suhu cuaca sudah tidak sedingin dulu. Lagi-lagi hal ini diakibatkan oleh efek polusi dan pemanasan global yang semakin hari semakin mengkhawatiran. Sungguh, kerusakan ekologi alam sebenarnya dalah akibat ulah tangan-tangan manusia sendiri.

Menghadirkan Pohon atau Taman di Rumah

Menghadirkan Taman di Rumah

Lalu, andil apa yang masing-masing dari kita bisa lakukan untuk sedikitnya bisa mengurangi polusi dan efek dari pemanasan global tersebut? Sebenarnya ada satu hal yang bisa kita lakukan di rumah masing-masing untuk berkontribusi mengurangi efek tersebut, yaitu dengan menanam pohon di rumah masing-masing. Ini adalah upaya paling minimal yang bisa dilakukan. Dengan menghadirkan pohon di rumah masing-masing, maka efek polusi udara bisa ditekan selain kesejukan udara jua bisa tercipta dengan banyaknya pohon dalam satu lingkungan.

Buktinya, coba anda naik motor di kota Bandung, lalu bandingkan suasana berkendara antara satu jalan yang terletak daerah yang kurang pohon, dengan suasana di jalan yang terletak di daerah dengan banyak pepohonan. Ambil contoh, bandingkan berkendara di Jalan Soekarno Hatta misalnya, dengan di Jalan Kalimantan misalnya. Anda akan merasakan ‘hangatnya’ suasana di Jalan Soekarno Hatta dan sejuknya suasana di Jalan Kalimantan dengan pepohonan yang berjejer. Dua hal yang terasa sangat berbeda. Jadi minimal dengan menghadirkan pohon di rumah, bisa sedikit mengurangi efek negatif dari polusi dan pemanasan global.

Kemudian, jika melangkah satu langkah lagi, maka ada satu lagi upaya yang dapat dilakukan terkait hal tersebut diatas, apakah itu? Bagi anda yang kondisinya memungkinkan, cobalah untuk Menghadirkan taman di rumah anda. Dengan menghadirkan taman baik itu di rumah maupun di satu lingkungan atau bahkan di dalam kota, akan sangat membantu menyumbang kesejukan udara, dan menambah supply oksigen bagi kita semua. Sehingga dampak polusi maupun pemanasan global akan tereduksi.

Pembuatan Taman Tidak Selalu Harus Mahal

Taman Vertikal Belakang Rumah

Untuk menghadirkan taman di rumah tidak selalu harus menggunakan jasa pembuat taman atau semacamnya, bagi anda yang ingin lebih menghemat anggaran, saat ini banyak tutorial maupun panduan-panduan bagi anda untuk dapat mengolah lahan di rumah menjadi sebuah taman dengan tangan anda sendiri. Dari mulai yang berbetuk buku atau tulisan, sampai dengan tutorial yang berbentuk video yang memandu anda untuk menghadirkan taman di rumah tahap demi tahap. Video semacam ini bisa kita temukan di youtube dengan jumlah yang cukup banyak.

Percayalah, hadirnya pohon atau bahkan taman di rumah masing-masing akan memberikan efek dan suasana yang lebih segar, lebih sejuk, dan lebih hijau. Dimana tiga hal ini semakin hari semakin menjadi barang yang mahal untuk bisa didapatkan terutama di wilayah perkotaan, dimana volume manusia dan volume aktivitas berbau polusi makin bertambah dari waktu ke waktu. Ditambah lagi dengan kebanyakan penduduk yang kurang peduli mengenai kesehatan lingkungan, padahal hal ini merupakan satu unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia.


Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat membawa sedikit manfaat bagi kita semua, sebagai ikhtiar untuk mewujudkan udara yang lebih bersih ke depannya, aamiin..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More