Selasa, 19 Juli 2016

Peralatan Untuk Merawat Taman

Taman Asri & Terawat


Untuk memaksimalkan perawatan taman,  kita harus mengetahui juga terkait jenis-jenis peralatan apa saja yang diperlukan untuk menunjang kegiatan perawatan taman tersebut. Sebagainamana fungsi peralatan pada umumnya, fungi dari peralatan perawatan taman adalah untuk mempermudah proses pekerjaan perawatan agar proses pelaksanaan perawatan taman berjalan dengan efektif dan efisien.

Adapun untuk saat ini peralatan taman itu sendiri dapat kita peroleh di tempat penjualan barang-barang umum seperti hipermarket atau supermarket, toko bahan bangunan atau matrial, dan di toko alat-alat pertanian atau alat-alat pertamanan terdekat dari rumah anda tentunya.

Saat ini bentuk peralatan yang digunakan untuk pemeliharaan atau perawatan taman sangat bervariasi sesuai dengan peruntukannya. Kita tinggal memilihnya saja sesuai dengan kebutuhan dan anggaran atau budget yang kita miliki.

Apa saja jenis peralatan untuk perawatan taman yang biasa digunakan untuk merawat taman? Dibawah ini kami sebutkan beberapa jenis peralatan taman yang biasa digunakan pada area yang relatif kecil :

1.    Alat Untuk Penyiraman

Alat yang biasa digunakan untuk proses penyiraman ada tiga macam :

Yang Pertama; Selang Air

Selang Air umumnya terbuat dari bahan plastik, atau bahan campuran karet dan plastik berdiameter anatara 0.5” sampai dengan 2” dengan berbagai warna. Alat ini biasanya dijual meteran, sehinngga kita tinggal membelinya sesuai kebutuhan luasan taman yang kit miliki.

Yang Kedua; Nozzle Siram

Nozzle Siram ini adalah alat untuk membantu mengatur percepatan atau kekuatan semburan air dari selang. Alat ini diletakkan pada ujung selang dan memiliki pegangan yang dapat ditekan sesuai kebutuhan besar atau kecilnya keluaran air.

Yang Ketiga; Gembor/Emrat

Gembor adalah alat yang biasanya digunakan oleh para petani untuk menyiram tanamana pada area pembibitan. Alat ini biasa juga digunkan untuk menyiram tanaman berjenis semak atau rumput ground cover. Alat ini terbuat dari bahan kaleng (ada juga yang berbahan plastik) yang diberi lubang pada bagian tuangan sehingga ketika air dikeluarkan akan berbentuk curahan hujan. Bentuk curahan hujan ini sangat ideal untuk menyiram air.

2.   Alat Untuk Pendangiran

Peralatan yang biasa digunakan untuk mendangir atau menggemburkan tanah diantaranya adalah :

Alat Pertama; Garpu Tanah Kecil

Garpu kecil ini dipakai untuk menggemburkan permukaan tanah pada area yeng kecil.

Alat Kedua; Garpu Tanah Besar

Alat ini biasanya digunakan untuk proses penggemburan atau pemecahan tanah top soil (kurang lebih 30 cm) tanah lapisan bagian atas sehingga tanah dapat terurai atau terpecah menjadi bongkahan yang lebih kecil, dan selanjutnya dapat digemburkan.

Alat Ketiga; Pacul Kecil

Di beberapa daerah terutama daerah jawa barat, pacul kecil ini biasa disebut kored. Alat ini dipakai untuk proses pendangiran tanah dan gulma yang biasanya tumbuh di sekitar tanaman utama. Gulma ini biasanya merugikan pertumbuhan tanaman utama.

Alat Keempat; Sekop Kecil

Alat ini digunakan dengan fugsi seperti sendok untuk memindahkan dan mengumpulkan media tanam.

Alat Kelima; Garu Kecil

Garu kecil digunakan dengan fungsi untuk menyisir sekaligus menggemburkan tanah pada tanaman.

Alat Keenam; Cangkul

Alat ini digunakan menggemburkan tanah dengan cara manual, membalikkan tanah, memindahkan tanah, atau menggali. Cangkul sangat efektif untuk cakupan area yang relatif luas atau lebih dalam.


Bersambung..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More