Kamis, 21 Juli 2016

Peralatan Untuk Merawat Taman (Bagian ke-2)

Taman Indah Terawat


Kita lanjut pada peralatan untuk merawat taman selanjutnya, bagi anda yang belum membaca tulisan kami sebelumnya mengenai alat untuk merawat taman bagian pertama, anda dapat mengklik disini.

1.    Alat Untuk Penyiangan

Adapun alat-alat yang biasa digunakan untuk kegiatan penyiangan antara lain :

Alat Pertama; Gunting Stek

Alat ini dapat digunakan untuk melakukan pemangkasan ranting atau cabang yang kecil dari pohoh. Sebagai patokan, diameter ranting atau cabang target pemangkasan adalah kurang lebih 1 centimeter untuk jenis pohon ber-zat kayu. Namun begitu gunting stek ini juga dapat digunakan untuk tanaman yang berupa semak berpelepah.

Alat Kedua; Kape

Alat ini asalnya adalah termasuk kedalam peralatan pertukangan (bangunan), namun karena bentuknya yang sangat fleksibel, seringkali digunakan untuk kebutuhan lain termasuk peralatan untuk merawat taman. Pada kegiatan perawatan taman, alat ini digunakan untuk pekerjaan yang bersifat mengikis, seperti membersihkan bagian tanah yang menempel pada pacul misalnya, penyiangan gulma pada perkerasan atau dapat juga digunakan untuk membuat list taman. Sebagai catatan, alat ini tidak dapat digunakan untuk alat pendangiran.

Alat Ketiga; Cukilan Gulma

Alat ini biasanya digunakan untuk mengangkat gulma dengan cara mengungkitnya, sehingga akar tanaman gulma benar-benar terangkat seluruhnya dan tidak akan tumbuh lagi ke depannya.

2.   Alat Untuk Pemangkasan

Berikut peralatan yang biasa digunakan untuk kegiatan pemangkasan :

Alat Pertama; Gunting Pangkas

Gunting pangkas biasanya ada dua jenis; yang bertangan satu, artinya hanya diperlukan satu tangan untuk mengoperasikannya. Dan yang bertangan dua; artinya kita memerlukan dua tangan untuk menggunakan gunting. Secara umum, gunting pangkas dua tangan lebih kuat penggunaannya dibanding gunting pangkas satu tangan, terlebih lagi jika digunakan untuk memangkas tanaman bentukan berjenis teh-tehan ataupun pangkas kuning secara manual.

Pada proses pemangkasan, kita harus memastikan dimensi tanaman yang akan kita pangkas atau kita bentuk sesuai keinginan kita itu telah pas dengan kebutuhan bentuk yang diinginkan, dan jika diperlukan kita dapat menggunakan tali atau semacamnya untuk membantu menentukan dimensi pangkas.

Alat Kedua; Arit

Arit digunakan untuk memangkas ranting-ranting kecil berjenis semak atau pohon, dan satu hal yang harus diperhatikan adalah alat ini harus dalam kondisi tajam agar pemangkasan berjalan efektif karena jika arit berada dalam kondisi yang kurang tajam, sangat berpotensi membuat kulit kayu terkelupas.

Alat Ketiga; Kait dan Gergaji

Alat ini termasuk ke dalam jenis alat yang multifungsi dan biasa digunakan untuk memangkas ranting ataupun cabang tanaman yang letaknya diluar jangkauan manusia saat berdiri. Tangkai dan tuas penarik digunakan untuk menjangkau ranting atau cabang pohon sehingga kita dapat mengerjakan proses pemangkasan tanpa memerlukan tangga bantuan.

Alat Keempat; Hedge Cutter atau Mesin Pangkas Semak

Alat ini merupakan alat pemangkas ranting tanaman semak. Alat ini sangat membantu melakukan pemangkasan sehingga hasil yang didapat menjadi rapi. Selain itu waktu yang diperlukan juga relatif lebih cepat. Cara kerja alat ini hampir sama dengan cara kerja alat pencukur rambut. Kekurangan alat ini terletak pada harganya yang relatif mahal, karenanya alat ini umumnya hanya dipergunakan untuk kegiatan pemangkasan tanaman di taman-taman perkantoran ataupun taman-taman kawasan komersial lainnya. Namun begitu bagi anda yang memiliki budget yang lebih, anda dapat membeli alat ini karena akan sangat membantu kegiatan pemangkasan di taman anda.


Bersambung..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More