Selasa, 13 September 2016

Memperindah Taman Dengan Tanaman Hias Cemara Lilin

Memperindah Taman Dengan Tanaman Hias Cemara Lilin

 Pernahkah anda mendengar tentang jenis tanaman cemara lilin? Ya, jenis tanaman hias yang satu ini memang tak sepopuler saudaranya, cemara udang. Namun cemara lilin bisa menjadi salah satu tanaman hias yang sangat cocok diaplikasikan untuk taman anda, baik untuk taman yang berukuran luas hingga taman dengan ukuran terbatas. Cemara yang satu ini merupakan dinamai cemara lilin karena faktor fisik yang dimilikinya menjulang tinggi layaknya lilin. Padahal tidak ada unsur lilin apapun yang terdapat pada pohon cemara ini.

Dari sekian banyak jenis pohon cemara yang ada di Indonesia, cemara lilin yang berasal dari Eropa Selatan, India Utara, dan Asia Barat ini biasanya dimanfaatkan sebagai pohon hiasan natal. Cemara lilin memiliki ketinggian yang bisa mencapai hingga 20 meter. Warna hijau gelap pada daun cemara yang satu ini memunculkan kesan damai dan teduh. Selain itu, bentuk daun dari cemara lilin bersusun tingkat dan semakin mengecil di bagian atasnya.

Bentuk unik yang dimiliki oleh cemara lilin tersebutlah yang menjadikan jenis tanaman hias yang satu ini sangat cocok diaplikasikan pada taman hingga daerah rumah yang bergaya modern minimalis.

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan jenis tanaman cemara lilin, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar cemara lilin bisa tumbuh subur. Pertama, untuk bibit cemara lilin yang masih kecil, siramlah bibit cemara tersebut setiap satu hari sekali agar memiliki akar yang rimbun dan cepat tumbuh besar. Setelah itu, tanamlah cemara lilin di tempat yang anda inginkan.


Kedua, dalam proses penanaman dan pemilihan tempat yang sesuai untuk tanaman hias cemara lilin, usahakan agar tidak meletakkan cemara lilin pada satu tempat secara bergerombol. Ini karena kesan indah dari cemara lilin akan muncul apabila ia disusun atau diletakkan agar berjauhan dari tanaman cemara lilin yang lainnya. Anda bisa menyusun cemara lilin membentuk barisan menuju rumah, misalnya. Dengan begitu, kesan indah dan berkelas akan muncul dari taman rumah anda.

Tips ketiga, pangkaslah daun cemara lilin secara teratur, setidaknya dua kali dalam seminggu. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa cemara lilin memiliki jenis daun yang bersusun tingkat dan semakin ke atas daunnya akan semakin mengerucut. Anda bisa memangkas dan membentuknya agar lebih indah.

Sedangkan untuk perawatan dari cemara lilin itu sendiri, anda hanya perlu menyiramnya secara rutin sebanyak dua kali sehari. Hal yang perlu diperhatikan saat menyiram cemara lilin hingga air menggenang terlalu banyak di sekitarnya agar akar cemara lilin tidak cepat membusuk. Pemberian pupuk juga bisa dilakukan agar cemara lilin bisa tumbuh lebih sehat dan subur. Untuk pupuk, anda bisa memberikannya setiap 2 hingga 3 bulan sekali.


Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More