Selasa, 13 September 2016

Taman Lebih Indah Dengan Bunga Bougenville

Taman Lebih Indah Dengan Bunga Bougenville

Untuk menciptakan sebuah hunian  yang indah dan nyaman disinggahi, pemilik rumah tidak hanya memperhatikan desain dari rumah saja, namun keberadaan taman juga menjadi salah satu hal yang harus dipikirkan. Banyak sekali tanaman hias yang biasa digunakan untuk penghias taman rumah, salah satu diantaranya adalah bunga kertas atau Bougenville.

Salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer dari keluarga Nyctaginaceae dan memiliki nama latin Bougainvillea ini memiliki ciri bunga seperti kertas dan pohon yang sangat kesulitan untuk terus tegak.

Daya tarik dari tanaman Bougenville terdapat pada seludang bunga yang tumbuh sangat rindang. Bahkan beberapa orang sering menganggap bahwa seludang bunga yang ada pada tanaman ini adalah bunganya. Namun, bunga yang sebenarnya dari tanaman ini terdapat pada bagian dalam seludang dan memiliki ukuran yang lebih kecil.

Tidak hanya seludang bunganya yang indah, tanaman hias dari Amerika Selatan ini memiliki banyak sekali keberagaman warna. Warna-warni pada seludang bunga ini membuat Bougenville sering dijadikan sebagai hiasan di pekarangan rumah maupun taman. selain itu, Bougenville juga sering dijadikan sebagai sebuah tanaman bonsai, dengan ukuran kecil namun dipenuhi bunga yang berwarna-warni.

Tanaman dengan bunga warna-warni ini bisa menjadi salah satu jenis tanaman untuk mengiasi taman anda. Meskipun anda masih baru dalam dunia tanaman, jangan khawatir, perawatan Bougenville bisa dibilang sangat mudah. Jangan pernah kecewa jika pada musim penghujan Bougenville tidak berbunga, karena pada dasarnya bunga ini memang hanya berbunga pada musim kemarau saja.

Adapun beberapa tips dalam merawat bunga bougenville di rumah yang mungkin bisa anda coba. Diantara tips tersebut yang penting anda perhatikan adalah beberapa hal berikut :

1. Media tanam
Untuk media tanam sendiri anda bisa menggunakan pot atau menanam langsung pada tanah disekitar taman anda. Jika anda menggunakan pot, sebaiknya anda menggunakan tanah yang memiliki unsur hara cukup, dengan begitu tanaman Bougenville akan tumbuh subur tanpa harus dilakukan pemupukan. Namun jika tanah yang menjadi media tanam tersebut kekurangan unsur hara, sebaiknya anda melakukan pemupukan secara teratur.

2. Pilihlah lokasi terbuka
Karena tanaman hias yang satu ini termasuk kedalam tanaman tropis, maka tempat yang paling baik adalah tempat terbuka yang memiliki akses matahari yang baik. Tempatkan bunga Bougenville anda pada sebuah tempat terbuka, dengan begitu tanaman ini akan tumbuh subur dan segera berbunga.

3. Pengairan
Selain membutuhkan cahaya matahari yang cukup, tanaman Bougenville juga membutuhkan air, maka dari itu, sebaiknya anda melakukan penyiraman secara rutin. Waktu yang paling baik untuk menyiram tanaman adalah pada sore hari.

4. Pemangkasan
Untuk menjaganya tetap tumbuh subur, anda juga bisa melakukan pemangkasan pada pohon bunga Bougenville. Apalagi jika anda berniat untuk membuat bonsai, anda bisa memangkas batangnya sesuai dengan konsep yang akan anda buat.

Lakukan perawatan ini secara rutin, dan lihat apa yang akan terjadi pada musim kemarau, bunga bougenville anda akan tumbuh subur dengan bunga yang berwarna-warni.

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More