Selasa, 13 September 2016

Tanaman Hias Bonsai Asam Jawa Untuk Taman Anda

Tanaman Hias Bonsai Asam Jawa Untuk Taman Anda

Dari sekian banyak jenis tanaman bonsai yang biasa dijadikan penghias taman, asam jawa menjadi salah satu pilihan yang sangat disukai banyak orang. Hal ini tentu saja karena pohon asam jawa memiliki batang yang kuat dan daun yang lebat sehingga sangat cocok untuk taman bonsai penghias taman.

Tanaman dari keluarga Leguminosae dengan nama latin Tamarindus Indica ini merupakan sebuah tanaman yang berasal dari Afrika dan dahulunya biasa tumbuh subur di sepanjang jalanan dengan ketinggian mencapai 25 meter. Untuk buahnya sendiri berwarna coklat dengan panjang mencapai 7 sampai 10 centimeter. Keunikan dari pohon asam jawa selain memiliki daun kecil-kecil yang lebat, asam jawa juga memiliki bunga dengan warna kuning agak kepucatan dengan garis warna merah yang menghiasi sekitarnya.

Meskipun asam jawa memiliki batang pohon yang kuat, namun istimewanya tanaman ini memiliki karakteristik yang ulet sehingga akan mudah dalam proses pembentukan (tidak mudah patah). Tanaman bonsai yang satu ini biasanya digunakan untuk menghiasi taman agar terlihat lebih berwarna. Selain itu, tanaman bonsai asam jawa juga biasa diletakkan pada sebuah dinding dengan ornamen kuno yang mampu membuat kesan klasik nan artistik menjadi lebih keluar.

Untuk anda yang berniat mengoleksi tanaman ini sebagai bakalan bonsai sebenarnya tidaklah sulit, karena pohon asam jawa sangat mudah dijumpai. Anda jangan pernah berfikir bahwa tanaman ini hanya hidup di tanah jawa saja. Pohon asam jawa bisa dijumpai di seluruh penjuru tanah air, entah apa penyebab yang menjadikan nama pohon ini selalu diidentikkan dengan pulau jawa.

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menanam pohon asam jawa baik melalui bijinya langsung, mencari bibit yang sudah siap, atau melakukan pencangkokan dari pohon yang sudah berumur. Yang terpenting jangan pernah melakukan stek untuk membudidayakan tanaman ini, karena hal tersebut akan percuma saja.

Setelah bibit dari bonsai asam jawa sudah anda dapatkan, selanjutnya anda harus memperhatikan media tanam yang akan kita gunakan. Untuk hal ini kita harus belajar dari kehidupan asli tanaman asam jawa, yaitu sebuah tempat yang memiliki drainase maksimal. Bagaimana cara membuat hal seperti ini? Yaitu dengan menggunakan pasir dengan campuran tanah berkapur.

Setelah masalah diatas sudah terselesaikan, selanjutnya kita akan melakukan perawatan dan membentuk bonsai asam jawa. Namun untuk bakalan yang anda beli, sebaiknya pembentukan disesuaikan dengan konsep awal. Hal ini akan memudahkan kita dalam pembentukan.

Untuk perawatan sendiri tidaklah terlalu rumit yaitu dengan pengairan yang cukup dan pemberian pupuk. Sedangkan pembentukan bisa menggunakan kawat dan juga melakukan pemangkasan terhadap ranting yang terlalu lebat. Lakukan hal ini secara konsisten, dan seiring dengan berjalannya waktu, pohon bonsai asam jawa anda akan terlihat sehat, tua, namun tetap kecil.


Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More