Rabu, 21 Desember 2016

Cara Memindahkan Pohon

Proses penanaman pohon pindahan


Adakalanya pada area taman terdapat keinginan kita untuk memindahkan suatu tanaman jenis pohon dari satu tempat ke tempat yang lain karena satu dan lain hal. Untuk itu kita perlu mengetahui cara memindahkan pohon yang benar.

Misalnya karena ada satu pohon yang ditanam di area depan rumah, lalu karena ada pekerjaan perluasan bangunan seperti untuk penambahan ruangan kamar, garasi, dan yang lainnya maka mau tidak mau pada pohon yang terkena rencana perluasan bangunan tersebut harus dipindahkan ke tempat yang lain, ke halaman belakang atau samping yang kira-kira masih memungkinkan. Atau bahkan untuk taman dengan area yang luas maka hal ini sangatlah mudah untuk dilaksanakan.

Di bawah ini akan dijelaskan cara memindahkan pohon dengan menggambarkan skema tahapan pemindahan pohon pada taman. Tahapan ini juga berlaku pada jenis tanaman palm dan juga jenis tanaman perdu. Biasanya tahapan ini sering dijumpai oleh para penyedia jasa taman yang sering sekali menanam jenis tanaman baru pada suatu lokasi tapak dengan mengambil atau mengimport tanaman dari area penampungan di tempat petani tanaman hias.

Pada beberapa pekerjaan proyek taman terdapat beberapa cara para pekerja lapangan yang mengintroduksikan metode penanaman seperti beberapa hal; bagaimana persiapan yang harus dilakukan, apa yang disebut dengan infus, mengapa tanaman harus direbahkan terlebih dahulu,  dan lain sebagainya.

Berikut ini tahapan yang dapat dilakukan pada pekerjaan memindahkan tanaman jenis pohon  :

1. Tahap Persiapan Penggalian Pohon

Sebelum menggali lubang pada sekitar pohon, siramlah area tanah yang akan digali dengan air lalu biarkan beberapa saat sampai air meresap dengan sempurna ke dalam tanah.

2. Tahap Penggalian Pohon

Pada tahap ini, pangkaslah beberapa cabang dan ranting pohon, kemudian galilah sekitar batang utama pohon dengan diameter yang disesuaikan agar tanaman dapat dengan mudah diangkat namun masih terdapat akar utama dan perakaran sekitarnya yang menyatu dengan pangkal batang pohon.

3. Tahap Pembentukan Bola Akar Pohon

Setelah galian sekitar pohon terbentuk (bola akar) maka segera perkuat pohon dengan penopang (misal steger). Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tanaman tidak terombang-ambing oleh angin sehingga tidak roboh.

Biarkan kurang lebih selama satu minggu sebagai upaya agar pohon dapat menyesuaikan diri pada kondisi dimana akar terkurangi, proses ini biasa disebut juga proses ‘disakiti’.

Pada beberapa kasus, ada yang membungkus tajuk pohon dengan menggunakan karung dan diikat. Metode ini biasanya dilakukan oleh petani pada jenis pohon Palem dan baru dibuka ketika tanaman dirasa kuat dan telah tertanam serta tumbuh dengan baik.

Biasanya baru setelah enam bulan kemudian pembungkus tajuk dilepas. Pada saat melepas pembungkus biasanya terdapat pelepah atau cabang yang kering/layu sehingga sekaligus dilakukan kegiatan penyiangan cabang yang kering tersebut.

4. Tahap Pemindahan Pohon

Perlu diperhatikan saat pengangkutan/pemindahan pohon dari lokasi awal ke lokasi penanaman adalah:

Ikatlah bola akar pohon sekompak mungkin. Bungkus dengan bahan yang berserat namun cukup kuat untuk menjaga tidak mudahnya media tanam yang menyatu tersebut terlepas dari akar pohon.

Buat ikatan tumpuan beban angkut pada bola akar dan bukan pada batang akar pohon, karena jika tidak maka di dikhawatirkan akan terjadi patah akibat titik tumpuan tersebut.

Pada saat meletakkan di lubang tanam pohon,lakukan dengan cara perlahan, jangan dibanting karena bila terjadi patah baik itu patah batang bagian luar atau bagian dalam, maka pohon akan mengalami kematian.

5. Tahap Penanaman Pohon Pindahan

Siapkan media tanam yang berupa campuran antara tanah; pupuk kandang; kompos dan pasir dengan perbandingan 3:2:1:1 kemudian diaduk merata.

Setelah itu masukkan ke dalam lubang tanam 1/6 bagian lubang tanam tersebut sebelum bola akar pohon diletakkan. Lalu uruglah keseluruhan lubang tanam tersebu sambil dipadatkan secara perlahan-lahan. Setelah selesai, siramlah hingga jenuh dan untuk mempercepat pertumbuhan akar baru maha bisa disiramkan dengan zat perangsang tumbuh yang sudah banyak dijual di toko tanaman pupuk tanaman hias.

Buat penyangga pohon (steger) dengan sudut 120 derajat. Ikatlah dengan menggunakan jenis tali yang cukup elastis dan jangan mengikat dengan menggunakan kawat karena hal ini dapat menyebabkan batang pohon menjadi terluka bila pohon tertiup oleh angin secara berulang-ulang.

Demikian sekilas cara memindahkan pohon, semoga bermanfaat.

Salam hangat.





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More