Senin, 25 Juli 2016

Peralatan Untuk Merawat Taman (Bagian 3-habis)

Taman Rumahan


Sebelum anda membaca lanjut tulisan ini, bagi anda yang belum membaca tulisan tentang peralatan untuk perawatan taman sebelumnya, anda dapat mengklik tulisan bagian satu, atau klik tulisan bagian dua. Kita lanjut pada bahasan alat-alat yang biasa digunakan untuk melakukan kegiatan pemangkasan taman;

Alat Kelima; Golok

Golok dapat digunakan untuk melakukan pemangkasan atu penebangan pohon dengan ukuran diamter kurang lebih di 5 cm sampai dengan 12 cm. Sebelum menggunakan alat ini, kita harus memastikan sedikitnya dua hal; yang pertama kita harus memastikan bahwa golok benar-benar dalam kondisi yang tajam, jika tidak maka kita dapat mengasahnya terlebih dahulu. Yang kedua kita harus memastikan bahwa pegangan golok tersebut benar-benar kuat, artinya pegagan dengan bilah goloknya benar-benar menyatu dengan kuat, agar terhindar dari potensi terlepas ketika menebang pohon karena hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan kita atau orang-orang terdekat yang ikut membantu maupun sekedar melihat aktifitas penebangan pohon yang sedang kita lakukan.

Alat Keenam; Gergaji Mesin

Alat ini digunakan untuk mengerjakan kegiatan penebangan pohon dengan ukuran yang relatif besar, sementara untuk ukuran pohon yang kecil-kecil cukup menggunakan gergaji manual saja.Orang yang menggunakan gergaji mesin harus betul-betul faham operasional alat ini. Gergaji motor menggunakan tenaga motor penggerak hingga 600 rpm, karena itu pengoperasiannya sangat membutuhkan keseriusan dan kehati-hatian agar terhindar dari resiko kecelakaan yang tentu tidak kita harapkan pada saat melakukan penebangan.

Alat Ketujuh; Mesin Potong Rumput Gendong

Alat ini biasa digunakan untuk memangkas atau memotong rumput yang berada pada kontur tanah yang datar/permukaan tanah yang rata ataupun bergelombang dengan ketinggian rumput kira-kira antara 2 cm sampai dengan 1.5 m. Mesin ini dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar bensin yang dicampur dengan oli 2 tak. Campurannya sendiri biasanya menggunakan perbandingan 25:1. Beberapa jenis mesin dengan merk tertentu ada juga yang hanya menggunakan bensin murni 4 tak yang tanpa timbal itu.

Alat Kedelapan; Mesin Potong Rumput Dorong Manual

Mesin ini menggunakan roda sebagai media untuk memutar pisau potongnya. Penggunaan mesin ini sebenarnya cukup efisien dan relatif mudah terutama jika digunakan untuk jenis rumput yang memiliki ketinggian 3 cm sampai dengan 8 cm. Untuk mengoperasikannya cukup mudah, cukup dengan mendorong mesin ini pada permukaan rumput yng akan dipangkas. Alat ini juga sangat hemat energi karena sama sekali tidak menggunakan bahan bakar minyak.

1.    Penyemprotan Hama dan Gulma

Alat-alat yang biasa digunakan untuk kegiatan ini adalah :

Alat Pertama; Botol Sprayer

Botol sprayer sangat mudah untuk digunakan, kita hanya tinggal memasukkan campuran larutan kimia zat pembasmi hama dengan dosis sesuai petunjuk, kemudian dalam satu wadah terpisah diaduk hingga merata yang selanjutnya kita tuangkan ke dalam botol sprayer tersebut.

Kemudian jangan lupa tuas pada bagian atas alat kita tekan-tekan agar membuat suatu tekanan yang teratur untuk menghindari mampetnya alat pada ujung penyemprot. Saat tombol pembuka ditekan maka cairan larutan kimia tadi akan tertekan keluar melalui nozzle spray. Kita dapat menyemprotkan langsung secara merata ke arah objek seperti daun atau tangkai tanaman.

Yang perlu kita perhatikan adalah jangan sekali-kali kita menggunakan satu botol yang sama untuk dua jenis larutan kimia yang berbeda. Pisahkan pemaiakan seperti itu dengan menandai masing-masing botol dengan tulisan permanen ager tidak tertukar saat kita menggunakannya.

Untuk penggunaan area yang lebih luas, kita dapat menggunakan alat yang sama dengan kapasitas yang lebih besar. Alat ini biasanya disebut “Knapsack Sprayer” yang berkapasitas antara 16 sampai dengan 20 liter, kapasitas yang besar untuk sebuah alat penyemprot. Alat ini biasanya terbuat dari bahan dasar kaleng, dan menggunakannya adalah dengan cara digendong di punggung. Ada juga yag digendong di sisi pundak dengan tali gendongan. Alat ini cukup praktis penggunaannya, selain memang sangat efisien untuk area yang luas atau penyemprotan yang bersifat massal. Satu hal yang sangat penting, agar peralatan kita tetap awet digunakan dalam jangka waktu yang lama, perawatan terhadap peralatan tersebut diatas harus kontinu dilakukan sesuai dengan jenis peralatan masing-masing.


Demikian, semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More