Jumat, 03 Februari 2017

Beberapa Tanaman Hias Pilihan (Bag 1)

Para pembaca yang budiman, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah Ta’ala atas anugerah tak terhingga yang Allah berikan kepada kita semua. Diantara nikmat Allah Ta’ala yang bila kita hitung maka niscaya kita tidak akan pernah sanggup untuk menghitungnya itu, Allah telah menciptakan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang sebagiannya adalah tanaman hias. Ya, Allah telah menciptakan beragam jenis tanaman hias yang dapat kita manfaatkan untuk keperluan kita baik itu untuk ditanaman di taman ataupun yang lainnya.

Macam-macam jenis, bentuk, dan warna dari tanaman hias itu. Dari mulai tanaman hias yang memiliki bunga yang indah, sampai dengan tanaman hias tanpa bunga yang unik dan tetap indah dipandang mata. Semuanya sudah sepatutnya kita syukuri.

Agar kita bisa lebih mengenal berbagai jenis tanaman hias tersebut, maka pada artikel kali ini penulis menyajikan secara singkat beberapa saja diantaranya, yang mana tiap-tiap tanaman hias ini memiliki kekhasannya masing-masing, dan semuanya bisa anda jadikan alternatif pilihan untuk mennghiasi taman di rumah atau mungkin tempat anda yang lainnya :

Anggrek



Anggrek memiliki nama latin Orchidaceae. Tanaman hias ini selalu memiliki pesona yang luar biasa dengan warna yang sangat beragam, juga dengan bentuk yang sangat bermacam-macam. Ada yang berukuran kecil seperti jenis dendrobium misalnya, ada juga yang berukuran cukup besar seperti phalaenopsis.

Banyaknya pelaku pembibitan tanaman yang melakukan penyiangan terhadap tanaman anggrek menyebabkan banyak muncul warna baru hasil penyilangan. Tanaman ini bisa ditanam di dalam pot atau bisa juga ditempelkan pada pohon. Karakter anggrek juga berbeda-beda, ada jenis anggrek yang membutuhkan naungan agar bisa tumbuh baik, namun tidak sedikit juga jenis anggrek yang memerlukan paparan sinar matahari langsung untuk keoptimalan pertumbuhannya.

Andong



Tanaman ini memiliki nama latin Cordyline. Warna daun tanaman hias ini adalah hijau kemerahan atau merah kecoklatan. Jika berada di tempat yang teduh, maka warna daunnya akan semakin kontras. Memiliki batang yang bulat dan cukup keras, dengan tinggi bisa mencapai 2 meter.

Andong banyak digunakan untuk menghias taman bertema tropis. Di wilayah sunda, andong biasa disebut dengan nama hanjuang.

Agave



Tanaman hias ini memiliki nama latin yang sama dengan nama yang biasa di sebut di Indonesia yaitu Agave. Tanaman yang berasal dari Meksiko ini memiliki tekstur daun yang keras dan tebal. Sangat cocok jika diaplikasikan sebagai ground cover atau juga tanaman pagar. Belakangan ini agave makin populer di Indonesia karena keuinikan dan kekhasannya.

Kamboja



Kamboja memiliki nama latin Plumeria rubra. Tanaman ini sering dipilih untuk menghiasi taman bergaya bali atau taman bergaya tropis. Cabang, batang, dan bunganya sangat menarik, dengan bermacam jenis warna bunga seperti putih, kuning, pink, dan ada juga yang berwarna merah.

Ada fakta yang cukup unik dengan tanaman hias kamboja ini, yaitu bunga kamboja yang berwarna kuning memiliki wangi yang lebih kuat dibandung bunga kamboja berwarna lainnya. Cukup unik bukan?

Kacang-kacangan



Tanaman hias ini memiliki nama latin Arachnis pintoi. Kaccang-kacangan memiliki cukup banyak nama lokal, namun lebih sering disebut dengan sebutan kacang hias. Kacang-kacangan termasuk jenis tanaman ground cover yang menjadi favorit para pecinta taman dan tanaman hias.

Kacang-kacangan memunculkan bunga kuning yang sangat menarik pandangan mata. Jika dijadikan penutup lahan atau ground cover, maka dari kejauhan akan terlihat seperi karpet hijau yang menghampar dengan titik-titik kuning (bunga) yang sangat kontras.


Bersambung insya Allah, silahkan klik disini..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More