Rabu, 01 Februari 2017

3 Jenis Taman Alternatif Untuk Rumah Anda

Para pecinta taman yang budiman, kali ini kami akan mengulas terkait 3 jenis taman yang bisa menjadi alternatif untuk diaplikasikan di rumah anda. Apa sajakah 3 jenis taman itu? 

Mari kita simak bersama :

Taman Gantung

Contoh Taman Gantung

Taman gantung yang dihadirkan di rumah anda bisa menjadi salah satu solusi yang berfungsi debagai partisi. Jika ditempatkan diantara ruang tamu dan ruang keluarga, maka taman ini bisa menjadi pemisah yang cukup efektif sekaligus bernilai estetik diantara keduanya. Untuk mengaplikasikan taman jenis ini, anda bisa memilih jenis tanaman anggrek seperti anggrek phalaenopsis yang secara alamiah membutuhkan naungan agar dapat tetap tumbuh dan menghasilkan bunga. Adapun penutup taman bisa mempergunakan pergola yang selain berfungsi untuk memperindah tampilan fisik taman, juga bisa mencegah tampiasnya air hujan.

Taman gantung memang memerlukan rangka besi sebagai tempat bergantungnya pot-pot bunga. Agar kerangka besi sedikit ‘tersembunyi’ keberadaannya, maka dapat disiasati dengan melilitkan tanaman rambat padanya. Untuk menambah kesejukan, anda juga dapa menambahkan kehadiran kolam di depan taman gantung di rumah anda.

Taman Kering

Contoh Taman Kering

Taman jenis ini menjadi alternatif untuk menghadirkan taman belakang rumah dengan anggaran atau budget yang terbatas. Jenis tanaman yang bisa digunakan untuk taman kering ini diantaranya :
  1. Kaktus
  2. Peace Lily
  3. Anthurium
  4. Pandan Bali
  5. Agave
  6. Torenia
  7. Nolina

Tanaman-tanaman tersebut diatas ditempatkan di dalam pot lalu dimasukkan ke dalam ornamen yang bentuknya menyerupai pot namun bisa menempel di dinding. Anda dapat memilih warna pot yang kontras agar taman tidak tampak monoton.

Adapun untuk tambahan unsur keras taman, alternatif yang dapat digunakan adalah pecahan bata merah yang difungsikan untuk menggantikan posisi pasir. Salah satu kelebihan bata merah adalah kemampuannya dalam menyerap air yang tinggi. Tambahkan pula batu koral putih untuk mengimbangi warnah merah dari pecahan bata tersebut.

Taman Bongkar Pasang

Contoh Taman Bongkar Pasang

Bagi anda yang seringkali merasa bosan dengan tanaman yang itu-itu saja, anda dapat mengaplikasikan taman bongkar pasang sebagai solusi mengatasi kejenuhan atas tanaman tersebut.

Bentuklah karakter dengan tanaman-tanaman yang anda pilih untuk menjadi bagian dari taman bongkar pasang ini. Tanaman yang bisa anda pilih diantaranya :
  1. Bambu Jepang
  2. Puring
  3. Day Lily
  4. Rumput Australia
  5. Palem Wregu
  6. Pandan Bali
  7. Lily Paris
  8. Daun Bahagia

Untuk menutup tanah dengan rumput, anda dapat menggunakan rumput gajah mini yang saat ini makin digemari oleh para penikmat taman. Jika ingin menggunakan jenis rumput yang lebih besar, anda dapat memilih rumput gajah biasa.

Area taman bongkar pasang dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu area kering untuk bersantai, area hijau untuk menempatkan pot, dan batu pijakan atau stepping stone yang berfungsi menjadi area peralihan antara ruang kering dan ruang basah. Untuk lebih menghidupkan suasana taman, anda dapat mengatur pewarnaan dinding sesuai selera. Atau penempatan ornamen-ornamen lain yang selaras dengan karakter taman di rumah anda.


Selamat mencoba.. 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More