Selasa, 31 Januari 2017

Tanaman Pagar dan Tanaman Peneduh

Tanaman Peneduh

Bismillah, para pembaca yang budiman, tulisan kali ini akan membahas sedikit tentang keberadaan tanaman pagar untuk fasad rumah, dan tanaman peneduh yang seperti namanya selain berfungsi memperindah taman dan rumah, tapi juga memberikan keteduhan bagi pemiliknya.

Tanaman Pagar

Salah satu cara untuk mensiasati terbatasnya lahan taman di rumah kita adalah dengan menjadikan tanaman sebagai pagar. Tanaman pagar dapat memperindah tampilan fisik, juga dapat menghadirkan ruang hijau yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga anda di rumah.

Berbicara mengenai pemilihan tanaman untuk pagar, anda dapat memilih tanaman jenis geranium, atau morning glory sebagai tanaman pagar depan rumah, yang bisa ditempatkan di depan tanaman teh-tehan yang berfungsi sebagai tanaman pagar utamanya.  Tanaman teh-tehan cukup rapat untuk bisa melindungi privasi namun masih bisa memberikan ruang untuk berinteraksi antar anggota keluarga. Tanaman ini juga bisa ditempatkan di samping rumah yang berbatasan dengan tetangga, sebagai pagar hidup. Keunggulan lain dari tanaman teh-tehan adalah ketinggiannya bisa kita atur sesuai keinginan dan kebutuhan. Selain teh-tehan, anda juga dapat menggunakan tanaman jenis cordyline dengan cara menjejerkannya di sekitar tanaman teh-tehan.

Untuk menambah manisnya tampilan taman, anda dapat menggunakan sansevieria, atau calla lily, maupun daun dollar. Adapun bagi anda yang ingin menghadirkan taman untuk ‘penyambut tamu’ anda dapat menggunakan tanaman jenis bambu air yang memang cocok dipajang di area depan taman.

Tanaman Peneduh

Tanaman dengan fungsi peneduh dapat dihadirkan di taman rumah anda, terlebih lagi jika posisi rumah menghadap ke arah barat atau ke arah timur. Tanaman peneduh juga memiliki fungsi lain dari sekedar memberikan efek teduh, yaitu fungsi estetikanya. Dengan pemilihan jenis tanaman peneduh yang tepat, maka anda akan mendapatkan dua aspek keuntungan sekaligus; aspek fungsional dan aspek estetika atau keindahan.

Untuk mendapatkan dua aspek tersebut diatas, anda dapat memilih tanaman peneduh yang memiliki bunga indah seperti terompet kuning atau flamboyan. Anda juga dapat memadukan tanaman peneduh dengan tanaman lain yang relatif bersifat tahan terhadap panas seperti pandan bali misalnya, atau paku-pakuan, daun dollar, atau bisa juga memilih tanaman lili paris.

Untuk dapat menikmati kesejukan berada diantara tanaman peneduh di rumah, anda dapat meletakkan beberapa furniture rumah seperti kursi dan meja, agar anda dapat duduk menikmati kesejukan taman, maupun mempersilahkan tamu anda duduk bersama anda dibawah tanaman peneduh tersebut.

Sebagai catatan, dalam kondisi udara global seperti sekarang ini, tanaman peneduh sangat penting untuk dihadirkan di masing-masing rumah. Keberadaannya dapat membantu menyegarkan udara di sekitar lingkungan dimana tanaman tersebut tumbuh. Efek bumi yang semakin hari semakin panas memerlukan penyiasatan dari kita untuk dapat sekedar mengurangi dampaknya. Jika masing-masing pemilik rumah menyadari betapa pentingnya keberadaan tumbuhan di lingkungan kita, maka alangkah akan sangat baiknya manfaat yang bisa diraih bagi terciptanya kesejukan dan kesegaran di lingkungan.


Demikian, mudah-mudahan dapat bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More