Minggu, 29 Januari 2017

Taman Kering ala Jepang dan Taman Kolam Pendingin Ruangan


Bismillah, tulisan kali ini akan mengulas tentang keberadaan dua jenis taman yang berbeda karakter. Keduanya bisa menjadi alternatif penghias rumah anda, dimana masing-masing taman akan memberikan nuansa berbeda sesuai karakternya. Yuk kita simak..

Taman Kering ala Jepang

Taman Kering Ala Jepang
Taman ini berkesan bersih dan simpel. Konsep seperti inilah yang menjadi ciri khas taman ala Jepang. Taman yang elemennya merupakan perpaduan pasir putih yang menghampar dengan resik, dan patahan beberapa batu alam nan kokoh menciptakan kondisi yang sangat natural pada visual taman jenis ini. Apalagi ditambah tanaman hias seperi cemara udang misalnya, akan menambah kesan eksotis pada taman yang menghiasi rumah anda ini. 

Taman ini jika dipadu dengan baik, akan menghadirkan kesan tenang dan menenangkan.
Taman ala Jepang sangat cocok jika diaplikasikan di samping rumah. Sehingga keberadaannya bisa sedikit memberikan ketenangan pada setiap mata yang memandangnya. Jika diletakkan padanya beberapa lampu sorot di beberapa titik tertentu, maka pada malam hari taman akan tampil lebih atraktif. Anda bisa menempatkan lampu sorot pada titik tertentu seperti di bawah tanaman hias misalnya, atau diletakkan di sela-sela batu alam. Bisa juga ditambahkan ornamen berbentuk bulat pada dinding, untuk menambah variasi view taman jenis ini.

Sedikit tips yang bisa kami berikan untuk pembuatan taman ini, bahwa tekstur, mode atau pola pasir bisa anda bentuk dengan menggunakan alat penggaruk pola pasir. Sesuaikan pola dengan keinginan anda, seperti pola lurus, pola melingkar, atau bahkan pola dengan mode bergelombang, semuanya terserah anda.

Taman Kolam Pendingin Ruangan

Taman Kolam
Kolam menjadi titik visual utama dari taman jenis ini. Kesan tenang, bersih, dan simpel terpancar kuat dari taman yang baik juga jika diletakkan di dalam rumah ini. Kesan simpel terpancar dari aplikasi peletakkan satu jenis tanaman hias utama saja yang diletakkan pada taman ini, misal tanaman cemara udang yang berdiri tegak diatas hamparan rumput gajah mini pada bagian sisi kolam. Dimana di sekitar tanaman hias diletakkan batu alam sebagai aksen dalam rangka memunculkan kesan natural yang kuat.

Sangat baik jika air dibuat mengalir melewati coakan keramik misalnya, sehingga membuat kolam tampil lebih atraktif. Pada tepi kolam yang lain dipasang pancuran kecil dengan tampilan minimalis dan seiring desainnya dengan coakan keramik tadi. Tambahan keberadaan dek kayu di sisi kolam dapat menghadirkan kesan yang hangat pada taman. Fungsi kolam lebih dari sekedar penambah keindahan taman saja, lebih dari itu ia dapat berfungsi sebagai pendingin ruang keluarga atau kamar yang letaknya berada di sekitar taman.  Tambahan ornamen pada dinding juga akan menambah tampilan taman lebih bervariasi.

Adapun tips kami untuk taman jenis ini adalah, hendaknya kolam diletakkan di ruang terbuka agar udara di sekeliling kolam dapat berinteraksi dengan hawa dingin kolam, lalu selanjutnya dia masuk ke dalam ruangan yang berada di sekitar kolam.

Demikian sedikit uraian mengenai dua jenis kolam yang dapat anda aplikasikan di rumah untuk menghadirkan taman penyejuk di lingkungan anda.


Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More