Rabu, 04 Januari 2017

Taman Mungil di Lahan Terbatas

Taman Mungil
Taman yang mungil memiliki prinsip memanfaatkan terbatasnya lahan yang tersedia semaksimal mungkin, sehingga kehadiran taman yang indah tetap terwujud. Biasanya pemilik rumah dengan lahan yang serba terbatas merasa kesulitan untuk mewujudkan taman yang cantik di rumahnya mengingat membuat taman di lahan yang tidak terlalu besar termasuk gampang-gampang susah.

Salah satu yang menjadi masalah utama adalah, biasanya sang pemilik rumah memiliki keinginan yang besar untuk menempatkan tanaman dengan jumlah banyak di taman miliknya. Dengan begitu, maka taman justru akan terlihat berantakan dan tanpa konsep yang baik. Karenanya mencermati hal ini, maka konsep taman minimalis dengan metode simpel sangat layak untuk dicoba. Misalnya dengan memanfaatkan batu-batuan alam, pola perkerasan, polesan nilai seni dan estetika, sculpture, dan yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu bernafsu untuk menempatkan terlalu banyak tanaman.

Konsep taman minimalis yang simpel memiliki keuntungan diantaranya adalah tampilan taman yang berbeda dengan taman-taman lain. Selain itu dari sisi perawatan lebih mudah dan tidak terlalu ribet, mengingat perawatan sebuah taman masih menjadi masalah utama bagi sebagian besar pemilik taman terutama di perkotaan. Kebanyakan dari para pemilik taman adalah orang yang memiliki kesibukan yang tinggi sehingga seringkali tidak memiliki banyak waktu untuk merawat taman miliknya.

Sebelum memutuskan untuk membuat taman di lahan yang terbatas, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa pertimbangan yang penting, diantaranya :

1. Pengaturan Proporsi Antara Lahan dan Luas Bangunan Rumah

Hal ini harus dilakukan karena jangan sampai keberadaan taman di rumah justru malah membuat rumah menjadi terkesan sumpek.

2. Pemilihan Jenis Tanaman dan Penempatannya

Hal ini juga tidak kalah penting dengan poin pertama di atas. Jangan sampai Anda memilih tanaman yang salah atau tidak cocok dengan karakter taman. Setelah itu konsep penempatannya pun harus serasi, karena jika jenis tanamannya sudh cocok dengan karakter taman namun penempatannya kurang pas, maka akan mengurangi keindahan taman juga pada akhirnya.

3. Pilihan Vertical Garden Atau Penggunaan Pot Layak Dicoba

Ini juga merupakan faktor penting yaitu menyesuaikan desain taman dengan desain fisik rumah secara komperhensif atau secara keseluruhan sehingga didapat tema yang sinergi antara tampilan fisik rumah dengan desain taman yang dipilih.

4. Komposisi Tanaman

Pada pembuatan taman di lahan terbatas, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah hendaknya Anda menghindari menggunakan terlalu banyak tanaman. Sebaiknya taman ditanami maksimal oleh lima jenis tanaman saja, ini sudah sangat memadai. Tinggal kita cerdas dalam memilih jenis tanaman dan karakter tanamannya. Tanaman harus disesuaikan dengan tema yang dipilih, hindari menanam jenis tanaman yang terlalu tinggi, atau memiliki tajuk yang terlalu lebar karena justru akan ‘memakan’ lahan milik Anda.

5. Menghadirkan Kolam

Pilihan menghadirkan kolam sangat layak untuk dipertimbangkan untuk menambah kesejukan hawa atau udara di taman. Selain itu kehadiran air di taman akan menambah kesan mewah. Unsur air ini bisa ditampilkan dalam bentuk kolam, air mancur, atau air terjun dengan ukuran mini tentunya.

Perlu diingat, bahwa dengan konsep penataan yang tepat, maka taman mungil di rumah anda tidak hanya akan memikat siapa saja yang melihatnya, namun juga dapat berfungsi sebagai oase kecil yang akan menyuplai udara segar ke sekitar rumah dan lingkungannya. Hal ini tentu sangat baik mengingat udara segar sudah mulai menjadi ‘barang mahal’ terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan.

Semoga bermanfaat..


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More