Sabtu, 07 Januari 2017

Agar Taman Tampil Indah di Lahan Terbatas


Beberapa cara dapat diupayakan untuk menghadirkan taman yang indah di rumah Anda, sekalipun dengan lahan yang terbatas. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menentukan jenis tema pada taman Anda. Masing-masing tema memiliki tampilan visual dengan kekhasan masing-masing. Agar bisa tampil indah, maka sebaiknya Anda menentukan tema apa yang akan diusung, dan Anda mengikuti gaya tema itu dalam pembuatannya.

Berikut beberapa tema yang dapat Anda pilih untuk taman di rumah Anda :

1. Taman Klasik

Taman jenis ini biasanya cocok untuk diaplikasikan pada rumah bergaya Eropa. Salah satu ciri khas dari taman klasik adalah penggunaan pola-pola geometris seperti kotak, segitiga, atau lingkaran. Adapun tanaman yang biasa digunakan untuk taman bertema klasik diantaranya :
  1. Azalea
  2. Bougenvile
  3. Teh-tehan
  4. Pohon Serut
  5. Gardenia
  6. Lantana
  7. Soka

Tanaman Azalea
Agar tampilan taman tampak lebih luwes, bisa juga ditambahkan tanaman rambat seperti air mata pengantin, alamanda, atau tanaman anggur.

2. Taman Minimalis

Dinamakan taman minimalis diantaranya karena taman jenis ini tidak terlalu banyak menggunakan unsur tanaman sebagai pengisi taman. Taman ini banyak menggunakan pola perkerasan pada pembentukannya, diantaranya dengan artwork, batu, pasir, dan kerikil. 

Adapun tanaman yang sering digunakan untuk taman bertema minimalis antara lain :
  1. Pandan Bali
  2. Kaktus
  3. Ketepeng Kencana
  4. Agave
  5. Cemara Udang
  6. Bonsai Korea

Cemara Udang
Taman jenis ini cangat cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan waktu untuk merawat dan memelihara taman. Diantara yang termasuk jenis taman minimalis adalah taman jepang.

3. Taman Tropis

Taman tropis memiliki ciri khas yaitu didominasi tanaman yang berdaun hijau, lebat, dan memiliki tingkat kerapatan yang tinggi. Taman ini berkesan sangat natural, dan bahkan seringkali tampak sedikit ‘liar’. Unsur perkerasan sangat tidak dominan pada taman jenis ini, hanya merupakan unsur pendamping saja. Taman tropis menciptakan udara yang sejuk bahkan dingin. Adapun jenis tanaman yang biasa digunakan pada taman tropis adalah :
  1. Anthurium
  2. Philodendron
  3. Kamboja
  4. Spathypillum
  5. Suplir
  6. Paku-pakuan
  7. Monstera
  8. Palem
  9. Puring
  10. Heliconia

4. Taman Toga

Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga. Taman jenis ini merupakan tanaman yang khusus ditanami dengan tanaman-tanaman yang memiliki fungsi sebagai obat. Taman toga lebih menonjolkan sisi manfaatnya daripada sisi keindahan atau estetikanya. Walaupun begitu, tidak tertutup kemungkinan jika taman jenis ini juga dibuat indah dipandang, sepanjang pemiliknya bisa memilih jenis-jenis tanaman obat yang memiliki tampilan visual menarik.

Adapun tanaman-tanaman yang dapat ditanam di taman jenis ini antara lain :
  1. Kunyit
  2. Jahe
  3. Temulawak
  4. Katuk
  5. Patah Tulang
  6. Jengger Ayam
  7. Tapak Dara Putih
  8. Rosela
  9. Keladi Tikus

Tanaman-tanaman tersebut di atas bisa ditanam di dalam pot, atau ditanam langsung di tanah, maupun dirambatkan.

5. Taman Buah

Bagi para ‘penggemar’ buah-buahan, maka taman jenis ini bisa menjadi pilihan untuk diaplikasikan di rumah. Taman jenis ini memiliki daya tarik tersendiri dengan pemandangan buah-buahan yang bergelantungan di pohon. Jika ingin memilih taman jenis ini, maka anda harus memperhatikan sosok pohon buah yang akan ditanam. Pilihlah pohon yang tajuknya tidak terlalu besar, apalagi jika lahan di rumah anda terbatas. Selain itu, anda juga harus rajin-rajin untuk memangkas tanaman buah agar tetap rapi, dan juga rajin berbuah. Tanaman buah dalam pot atau yang biasa disebut tabulampot dapat menjadi pilihan solusi dalam mengatasi keterbatasan lahan tanam.

Tanaman Buah Dalam Pot

6. Taman Air

Unsur utama taman air adalah air dan berbagai jenis tanaman air. Taman jenis ini biasanya menggunakan tanaman-tanaman antara lain :
  1. Melati Air
  2. Teratai
  3. Lotus
  4. Papirus
  5. Selada Air
  6. Eceng Gondok
  7. Futoi
  8. Bambu Air

Kehadiran taman air akan membuat taman anda terlihat lebih eksotis dan sangat berbeda dari taman-taman pada umumnya.

7. Taman Rambat, Taman Gantung, dan Taman Vertikal

Salah satu upaya untuk menciptakan rumah yang sejuk dan asri di lahan yang terbatas, adalah dengan menghadirkan taman rambat atau taman gantung. Jenis tanaman yang biasa dijadikan taman gantung antara lain :
  1. Petunia
  2. Ivy
  3. Suplir
  4. Morning Glory
  5. Anggrek
  6. Bunga Lipstick
  7. Hoya
  8. Sementara untuk taman rambatnya antara lain :
  9. Melati
  10. Alamanda
  11. Passiflora
  12. Sirih
  13. Kembang Anting
  14. Dolar
  15. Air Mata Pengantin

Jenis taman lain yang juga tidak kalah populer terlebih lagi beberapa tahun belakangan ini adalah taman vertikal atau biasa juga disebut dengan istilah vertical garden. Untuk mengetahui sekilas tentang taman jenis ini, silahkan anda klik disini.

Demikian uraian mengenai beberapa tema taman yang dapat diterapkan di rumah maupun di tempat anda yang lain, agar taman terlihat lebih indah, sekalipun dihadirkan di lahan yang terbatas.


Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More