Senin, 14 November 2016

Taman Lebih Indah Dengan Tabulampot



Bagi anda pemilik taman di rumah ataupun kantor yang ingin lebih mempercantik tampilan taman anda, sudah saatnya anda mulai memikirkan untuk menghadirkan tanaman buah dalam pot atau yang biasa dikenal dengan sebutan tabulampot di taman anda. Dengan menghadirkan tabulampot di taman anda akan membuat keindahan taman semakin asri dan menawan. Selain itu tabulampot tidak menyita banyak ruang untuk tumbuh, karena tumbuhnya memang di dalam pot, berbeda dengan tanaman buah biasa yang tumbuh di tanah sehingga membesar sesuai dengan karakter asli tanaman buah tersebut. Sebentar, apakah anda sudah mengenal apa itu tabulampot? jika belum, silahkan anda teruskan membaca artikel ini.

Tabulampot saat ini sebetulnya sudah bukan menjadi barang asing lagi bagi para praktisi tanaman ataupun pecinta tanaman khususnya tanaman buah. Berawal dari tahun 1982 istilah tabulampot sebagai tanaman buah yang ditanam di dalam pot mulai dipopulerkan. Lalu kemudian berkembang dengan pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, dan bahkan hingga saat ini. Uniknya, tabulampot awalnya adalah tanaman-tanaman buah yang tidak laku dijual dalam bisnis tanaman buah, karenanya pemilik tanaman akhirnya menanam bibit-bibitnya di dalam pot. Namun siapa sangka, ternyata setelah berlalunya waktu tanaman-tanaman tersebut justru menghasilkan buah yang baik.

Kemudian seiring dengan perkembangannya yang makin menggembirakan, tabulampot makin menarik perhatian masyarakat. Terlebih lagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang makin hari makin sulit memiliki lahan yang luas untuk menanam tanaman hias maupun tanaman buah. Tabulampot telah menjadi solusi keterbatasan lahan tanam yang sebelumnya sulit diatasi. Karena hal tersebut maka permintaan terhadap tanaman buah jenis ini makin tinggi dari waktu ke waktu. Sehingga para pelaku pembibitan tanaman pun merespon positif permintaan pasar tersebut dengan banyak melakukan pembibitan tabulampot. Tabulampot menjelma menjadi sebuah bisnis tanaman buah yang cukup menggiurkan.

Lalu, apa saja keuntungan jika kita memelihara tabulampot di rumah atau meletakkannya di taman yang kita miliki? berikut beberapa poin keuntungannya :


  1. Penggunaan lahan yang sangat efisien. Anda tidak memerlukan lahan yang luas untuk menghadirkan tabulampot di rumah anda.
  2. Tabulampot tidak akan merusak fisik bangunan di sekitar rumah atau taman anda.
  3. Tabulampot sangat mudah untuk dipindah-pindah sesuai selera jika anda bosan meletakkannya di suatu tempat.
  4. Perawatan tabulampot relatif sangat mudah. Saat ini sudah banyak buku-buku maupun tutorial video untuk merawat tabulampot agar tumbuh maksimal.
  5. Sistem pengairan atau drainase untuk tabulampot ini relatif sangat mudah.
  6. Tabulampot dapat berbuah sepanjang tahun jika perawatannya tepat, karena masa pembungaan dan pembuahannya udah diatur.
  7. Tabulampot menciptakan kestabilan ekosistem yang sehat sekaligus indah
  8. Tabulampot dapat menjadi alternatif sumber gizi dan serat buah bagi anda dan keluarga.
  9. Tabulampot bahkan dapat menjadi tambahan sumber pendapatan anda dengan menjual buahnya, atau bahkan menjual tabulampot itu sendiri. Sampai saat ini permintaan terhadap tanaman jenis ini masih relatif tinggi.
Coba anda bayangkan, di taman atau di rumah anda, anda memiliki tanaman seperti ini :




Atau seperti ini :





Atau mungkin seperti yang ini :



Indah bukan? Selain indah, buahnya tentu dapat dikonsumsi oleh anda beserta seluruh keluarga, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. Jika anda tertarik, saatnya anda hadirkan tabulampot di taman atau rumah anda!

Semoga bermanfaat..

Salam hangat,

Nuansa Taman Bandung





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More