Rabu, 14 September 2016

Sanseivera, Si Pedang Hijau Pemanis Taman Rumah

Sanseivera, Si Pedang Hijau Pemanis Taman Rumah

Rumah yang nyaman adalah rumah yang bersih dan indah. Kebersihan menjadi syarat nomer satu, namun pasangan dari kebersihan adalah keindahan, terutama bagi sebuah hunian. Untuk mencapai sebuah hunian yang nyaman, maka para pemilik menggunakan tanaman hias.

Tanaman hias ditanam di lingkungan sekitar rumah, bisa di pekarangan rumah, di taman rumah, di serambi, atau bahkan diletakkan di dalam ruangan. Tanaman-tanaman ini memang sengaja dipilih untuk memperindah rumah. Untuk itulah tanaman ini beda dengan tanaman lainnya.

Biasanya tanaman hias langsung ditanam di taman rumah atau di depan rumah. Tetapi banyak juga yang menanamnya dalam pot. Alasannya adalah lebih praktis dan bisa dipindah-pindah. Inilah salah satu kelebihan dari tanaman hias dibanding dengan tanaman-tanaman yang lainnya.

Jika tanaman pangan hanya cocok ditanam di sawah atau ladang, sedangkan tanaman hias ini bukan hanya cocok ditanam di sekitar rumah. Tetapi justru tanaman hias ini berasal dari alam bebas. Banyak juga tanaman hias yang memang berasal dari spesies tanaman liar yang tumbuh di tepi jalan, di perbukitan, di pegunungan, ataupun di hutan.

Salah satu jenis tanaman hias yang sangat direkomendasikan untuk menambah keindahan dan keasrian rumah adalah tanaman Senseivera. Tanaman ini disebut juga dengan Lidah mertua, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias yang satu ini.

Tanaman Senseivera memiliki ciri khas pada bentuk daunnya yang panjang dan runcing menyerupai sebuah pedang. Daunnya pun keras, tegak, sukulen, dan terlihat kokoh, untuk itulah tanaman ini banyak ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan depan rumah atau ditanam di pot untuk diletakkan di teras rumah.

Tanaman Lidah Mertua ini satu spesies dengan Lidah Buaya. Khasiatnya pun hampir mirip, yaitu bisa mengobati diabetes, menyuburkan rambut, mengobati kanker ganas, mengobati wasir karena tanaman ini mengandung zat-zat penyerap racun, diantaranya adalah adanya kandungan karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Bahkan orang Jepang mengambil seratnya untuk dibuat bahan pakaian. Selain itu, manfaat tanaman Sanseivera ini juga digunakan untuk menghilangkan bau pada perabotan rumah tangga.

Tanaman hias Sanseivera ini terdiri dari 2 jenis, yaitu Sanseivera yang panjang runcing menyerupai pedang dengan ukuran 50 cm sampai 70 cm serta tanaman Sanseivera berdaun pendek dengan panjang hanya 8 cm dan lebar sekitar 3 cm sampai 6 cm. Walaupun panjang kedua jenis Sanseivera tersebut berbeda, namun panjangnya tetap tidak mematahkan pendapat dan anggapan orang bahwa tanaman ini memang mirip pedang sehingga disebut tanaman pedang-pedangan.

Tanaman hias ini sangat mendukung keindahan hunian. Apalagi untuk rumah modern yang elegan dan minimalis. Tanaman ini sangat cocok dipajang di dalam rumah maupun di luar rumah. Karena daya adaptasinya yang bagus terhadap berbagai kondisi lingkungan sekitarnya.

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More