Rabu, 14 September 2016

Tabebuia, Tanaman Hias Mirip Pohon Sakura

Tabebuia, Tanaman Hias Mirip Pohon Sakura

Siapa yang tidak suka melihat keindahan bunga sakura? Bunga yang memiliki daun berwarna merah muda tersebut memang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Jepang, tempat bunga tersebut tumbuh.

Bagi anda yang ingin melihat bunga sakura namun tak memiliki waktu untuk travelling ke luar negeri, anda tak perlu khawatir karena ada tanaman hias yang sangat mirip dengan pohon sakura, yakni tabebuia.

Meskipun tabebuia memiliki daun yang berwarna kuning, namun keindahan yang ditawarkan oleh tanaman hias yang satu ini bisa dijadikan obat bagi anda yang tak bisa menyaksikan pohon sakura secara langsung. Seperti halnya bunga sakura, tabebuia juga menggugurkan daun-daunnya saat bunga-bunga tabebuia mulai bermekaran.

Keindahan yang ditawarkan oleh bunga yang berasal dari Brazil tersebut kerap kali menjadikan banyak orang ingin menanamnya di taman mereka. Spesies dari bunga tabebuia sendiri beraneka ragam. Namun untuk tabebuia yang ada di Indonesia, biasanya memiliki daun yang berwarna kuning dengan motif ungu pada bunganya.

Tak ada orang yang bisa menolak keindahan bunga tabebuia. Bahkan bunga yang satu ini mulai dikenal dan cukup trend di kalangan pecinta tanaman hias. Oleh karena itu, bagi anda yang juga ingin merawat dan menanam tabebuia di area sekitar taman anda, tentu anda juga harus mengetahui cara penanaman serta perawatan bunga tabebuia agar bisa tumbuh subur dan indah.

Bibit bunga tabebuia sendiri berasal dari biji yang ada di pohon tabebuia dewasa. Biji tersebut dikeringkan terlebih dahulu dan didiamkan dalam jangka waktu yang cukup lama, sekitar satu bulan. Setelah itu, bibit tersebut mulai disemai pada media tanam yang kaya akan humus.

Apabila bunga sudah tumbuh hingga ketinggian 1 meter, maka pohon tabebuia telah siap dipindahkan ke area tanam yang berada di taman anda. Anda bisa memilih aera yang terbuka agar keindahan bunga tabebuia bisa disaksikan oleh siapapun.

Dalam proses penanaman bunga tabebuia, anda harus memilih lokasi yang mendapatkan banyak sinar matahari. Untuk anda yang ingin menanam lebih dari satu pohon tabebuia, maka anda juga harus memperhatikan setiap jarak dari pohon tersebut. Setidaknya, minimal jarak yang diperlukan antara satu tabebuia dan tabebuia yang lain adalah sekitar 80 cm hingga 1 meter agar daun-daunnya bisa tumbuh lebih leluasa. Untuk hasil yang terbaik, letakkan pohon tabebuia pada tanah yang memiliki banyak humus.

Untuk perawatan tanaman hias tabebuia, anda pun harus berhati-hati karena tabebuia merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup sensitif. Selama mendapatkan cahaya matahari yang cukup setiap harinya serta tidak terlalu banyak terkena air, tabebuia akan tumbuh dengan subur. Oleh karena itulah ketika musim kemarau tiba, anda bisa menyiram tabebuia sehari sekali dengan jumlah air sedang agar bisa terserap oleh akar. Demikian informasi mengenai bunga tabebuia yang indah dan cantik.

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More