Selasa, 30 Agustus 2016

Kolam Koi Minimalis

Kolam Koi Minimalis

Kolam koi minimalis- Rumah selain berfungsi untuk sarana sosialisasi antar keluarga juga dijadikan sebagai ajang penyalur hobi dan selera dari pemiliknya yang dapat meningkatkan prestise bagi pemiliknya. Biasanya, untuk memenuhi kebutuhan tambahan tersebut, si pemilik akan menambahkan interior dan eksterior di rumahnya. Salah satu eksterior pemanis rumah ini dapat berupa kolam koiyang didesain cantik di depan atau belakang rumah Anda.

Kolam ini desainnya tidak perlu terlalu detail dan mewah, cukup berupa kolam dengan tipe minimalis pun tampilan eksterior rumah akan terlihat cantik dan segar. Dalam membuat kolam ini diperlukan tips yang tepat sehingga hasilnya pun tidak mengecewakan. Berikut adalah tips-tipsyang harus diperhatikan sebelum Anda membuat kolam koi minimalis  :

1. Kedalaman kolamnya
Kolam ini kedalaman idealnya sekitar 1 sampai 2 meter. Air kolamnya harus bersih dan jernih sehingga meski kolamnya dalam tetapi ikan koi dapat tetap terlihat walau di dasar kolam. Kolam yang dalam cenderung membuat pertumbuhan koi lebih cepat karena membuatnya aman dan nyaman dari perubahan suhu siang dan malam.

2. Sumber oksigen perlu diperhatikan
Dua hal yang perlu dipertimbangkan agar kolam menjadi optimal adalah sumber oksigen yang cukup dan sistem filter yang baik. Oksigen yang cukup bisa dihasilkan dari pergerakan air kolam, misalnya  dengan dibuat air terjun atau tambahan aerator pada kolamnya. Sistem filter juga memegang peranan penting untuk menjaga kualitas airnya.

3. Lokasi kolam
Lokasi kolam koi minimalis yang baik adalah dekat rumah agar keindahannya dapat dinikmati dan diberi makan minimal dua kali sehari. Hindarkan pembuatan kolam dibawah pohon karena daun-daunnya bisa mengotori kolam serta jauhkan dari tempat-tempat yang rentan hama.

4. Ukuran kolam
Harus dipertimbangkan jumlah koi yang akan dipelihara dan ukuran yang akan dicapai. Ukuran kolam koi yang kecil dan dangkal tidak bisa mendukung pertumbuhan koi mencapai ukuran jumbo. Jadi harus disesuaikan jumlah ikan dengan ukuran ikan yang akan dipelihara.

5. Bentuk Kolam
Bentuk kolam koi minimalis bebas sesuai selera, tapi jangan sampai ada bagian yang mati. Air harus selalu mengalir dari waterfall ke setiap penjuru kolam. Bagian matiakan membuat bakteri dan ganggang tumbuh dan berkembang disitu.

6. Sudut dan Dasar Kolam
Upayakan ada pertemuan antar sisi kolam melengkung dan hindarkan sudut 90 derajat, agar terhindarkan dari area mati. Dasar Kolam Koi Minimalis jangan dibuat rata, tetapi buat bagian tengahnya lebih dalam dengan kemiringan bagian tepi ke arah tengahnya 20-40 derajat agar kotoran ikan dan sisa-sisa makanan yang mengendap di dasar kolam terkumpul dan mudah dibersihkan.

7. Hindarkan material dan benda tajam dari kolam
Misalnya batuan sebagai hiasan dan semen yang tidak halus pengaciannya.

8. Pipa Pralon untuk menambahkan air
Siapkan pipa pralon untuk menambah air dengan mudah dari sumur atau PAM.

9. Overflow
Sediakan lubang pembuangan untuk mengantisipasi air kolam meluap.

10. Bottom Drain
Diletakkan di dasar kolam untuk membersihkan kolam.

Itulah beberapa langkah dalam membuat kolam koi minimalis di rumah anda. Jangan lupa perhatikan dan ikuti langkah-langkah tersebut dengan baik agar kolam yang anda angankan bisa terwujud.

Adapun bagi anda yang menginginkan kemudahan dalam membuatnya, anda dapat menggunakan jasa kami dengan menghubungi :

Iyan Rofianto
Telp./WA : 081312082987

Tenang saja, segala bentuk pertanyaan maupun konsultasi seputar taman maupun kolam tidak kami kenakan biaya alias gratis!, sekalipun jasa kami batal anda gunakan..

Salam hangat,
TTdB


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More