Selasa, 30 Agustus 2016

Cara Membuat Vertical Garden

Vertical Garden

Vertical garden atau biasa juga disebut dengan istilah taman vertikal mulai banyak dipilih karena tidak memerlukan lahan yang luas. Berbeda dengan taman pada umumnya yang berbentuk mendatar, pembuat taman jenis ini membuat sebuah taman berbentuk vertikal yang hemat tempat namun tetap bisa ditanami berbagai jenis tanaman. Cara membuat taman jenis ini sebetulnya cukup mudah akan tetapi memerlukan ketepatan dan perawatan yang tepat agar tanaman tumbuh subur.

Siapapun bisa membuat taman jenis ini asalkan mengetahui cara dan metode pembuatannya. Dengan mengetahui cara membuat vertical garden maka dapat dihasilkan sebuah taman hijau yang sejuk, dan indah dipandang mata. Media tanam untuk cara membuat vertical garden bisa menggunakan botol bekas, kantong-kantong plastik, dan paralon.

Kini  cara membuat vetical garden dari botol plastik bekas sedang menjadi tren diberbagai wilayah terutama di perkotaan. Pemakaian botol plastik bekas agar lebih menghemat biaya dan memanfaatkan barang yang tidak terpakai. Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan mengenai cara membuat vertical garden  dari botol plastik bekas yang bisa Anda pratikkan di rumah, berikut cara-caranya:

  1. Cara yang pertama adalah siapkanlah 5 buah botol plastik bekas minuman ukuran 1,5 liter, tali tambang, sekam sebagai media tanam, bibit tanaman, dan gunting atau cutter. Botol plastik ini akan digunakan sebagai  pot tanaman. Untuk mempercantik botol maka bisa Anda cat sesuai selera atau bisa pula tanpa dicat.
  2. Buatlah lubang berbentuk persegi panjang dengan lebar 3 cm dan panjang 10-15 cm pada bagian tengah botol. Lubang ini akan digunakan untuk memasukkan media tanam dan tempat tumbuhnya tanaman. Kemudian pada bagian bawah lubang besar tersebut buat lubang-lubang kecil yang akan digunakan untuk mengeluarkan air ketika proses penyiraman tanaman.
  3. Jarak lubang-lubang kecil sebaiknya jangan terlalu berdekatan dan gunakan cutter atau gunting untuk membuat lubang, untuk lebih rapi bisa menggunakan solder.
  4. Untuk membuat gantungan pot, buatlah dua pasang lubang dengan diameter 1 cm pada ujung kanan dan kiri botol dan lubang dibuat atas dan bawah  menembus botol bagian tengah. Pastikan jarak lubang tersebut seimbang antara kiri dan kanan.
  5. Masukkan tali tambang melalui lubang tersebut, buatlah simpul dari tali pada bagian lubang atas dan bagian bawah  botol agar posisi botol tidak berubah. Berilah jarak 20 cm dengan tali untuk botol yang berikutnya dan buat simpul seperti sebelumnya, lakukan hingga botol sudah dirangkai semua.
  6. Masukan media tanam berupa sekam agar botol tidak terlalu berat menyangga. Tambahkanlah pupuk secukupnya dan masukkan bibit tanaman pada media tanam tersebut kemudian siram dengan air. Bibit tanaman bisa berupa tanaman hias atau sayuran.
  7. Gantunglah rangkaian pot dari botol bekas tersebut pada dinding atau tiang teras rumah. Untuk perawatan, siramlah tanaman secara rutin dan berikan pupuk sesuai dengan takaran. 

Itulah penjelasan cara membuat vertical garden yang ternyata cukup mudah dan bisa dicoba sendiri di rumah. Selain untuk memperindah dan membuat rumah lebih sejuk, vertical garden bisa membantu pemanfaatan limbah sampah botol  plastik bekas agar lebih bermanfaat. Sehingga dengan metode ini dapat menjadi alternatif pembuatan taman yang murah dan mudah.

Adapun bagi anda yang terlalu sibuk untuk membuatnya sendiri, atau merasa tidak memiliki keahlian untuk membuatnya, dn memerlukan jasa pembuatan taman ini, silahkan anda hubungi kami :

Iyan Rofianto
Telp./WA : 081312082987

Kabar gembiranya, segala bentuk pertanyaan maupun konsultasi seputar taman tidak kami kenakan biaya alias gratis!, sekalipun jasa kami batal anda gunakan..

Salam hangat,

TTdB

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More