Selasa, 30 Agustus 2016

Kebun Vertikal

Kebun Vertikal

Kebun Vertikal , Solusi Perkebunan Kota – Siapa bilang tak punya lahan berarti kita tidak dapat memiliki kebun? Saat ini, kebun vertikal, atau menanam tanaman dengan arah vertikal mulai menjadi solusi perkebunan kota. Selain dapat disesuaikan dengan luasan bangunan, cara ini juga dapat dilakukan dengan berbagai media tanam.

Salah satu negara yang mulai marak membuat kebun vertikal atau vertical garden adalah Singapura. Semakin sempitnya lahan, membuat Pemerintah Singapura harus mencari solusi penghijauan. Keseriusan ini ditunjukkan dengan pemberian insentif sebesar 50 persen untuk pembuatan kebun vertikal.

Sebenarnya, tidak sulit untuk membuat kebun vertikal. Hanya saja memang diperlukan ketekunan dan keseriusan agar hasil yang didapat memuaskan. Terkait media, banyak media yang dapat dijadikan media tanam untuk pembuatan kebun jenis ini. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Pelepah Kelapa Sawit dan Bambu Betung

Membuat media tanam untuk kebun ini dengan media tanam pelepah kelapa sawit dan bambu betung tidaklah sulit. Usia tanam dengan media ini bahkan dapat mencapai lima tahun. Cara pembuatan media tanam ini mula-mula dengan memotong pelepah dan bambu dengan ukuran dua meter, lalu dibelah dua untuk bahan berdiameter kecil atau dibelah empat untuk bahan berdiameter empat.

Potongan-potongan itu dipipihkan dengan alat bamboo crusher hingga diperoleh serat mambu dan pelepah sawit. Serat lalu dipotong-potong dengan ukuran 5-6 sentimeter dengan mesin drum chipper.

Serat hasil pemotongan tadi kemudian dimasukkan ke mesin ring flaker hingga diperoleh serat seragam yang lebih kecil. Serat kemudian dikeringkan di dalamoven dengan suhu 75 derajat celsius selama tiga hari.

Berikutnya, serat dicampur dengan perekat tahan air 5-10 persen. Dengan kerapatan serta 0,3-0,4 gram per sentimeter kubik, serat kemudian dicetak dengan pengempaan sampai suhu 130 derajat celsius. Papan itu kemudian dilubangi dan jadilah media tanam kebun vertikal.

Paralon

Paralon merupakan media tanam paling banyak dipilih masyarakat perkotaan dalam membuat kebun vertikal. Selain lebih mudah pembuatannya, paralon juga banyak dijumpai di toko-toko bangunan. Cara membuat media tanam dengan paralon yaitu: potong paralon ukuran panjang 4 meter sesuai dengan tinggi yang kita butuhkan, dapat dipotong menjadi dua atau juga tiga. Buat lubang di setiap sisinya.

Jarak tiap lubang janganlah terlalu berdekatan, sekitar 10 cm. Ini perlu dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. untuk melubangi paralon, kita dapat menggunakan bor dengan mata bor antara 3 cm hingga 4 cm, sesuai besaran lubang yang kita inginkan.

Setelah dilubangi, maka paralon dicor ke dalam ember plastik, yang sudah dilubangi dasarnya terlebih dahulu. Tujuannya dicor supaya mudah dipindahkan atau diputar. Setelah itu, barulah dimasukkan tanah ke dalam paralon. Pada saat memasukkan tanah, sebaiknya paralon ditutup kertas koran. Supaya tanahnya tidak banyak terbuang melalui lubang yang ada.

Adapun bagi anda yang menginginkan hadirnya kebun vertikal di rumah atau mungkin kantor anda, anda dapat menghubungi :

Iyan Rofianto
Telp./WA : 081312082987

Jangan sungkan menghubungi kontak diatas untuk berbagai keperluan taman ataupun kebun anda, segala bentuk konsultasi tidak kami kenakan biaya alias gratiss!

Salam hangat,

TTdB

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More