Minggu, 12 Juni 2016

Kegiatan Penyiraman

Manfaat Air Bagi Tanaman


Bismillah,


Kegiatan penyiraman harus dilakukan dengan menggunakan air yang bersih. Adapaun cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengguyurkan air ke sebagian atau bahkan bisa juga ke seluruh bagian tanaman sampai dirasa cukup memadai. Kegiatan penyiraman ini dapat kita lakukan dua kali dalam jangka waktu satu hari, namun jika tanaman telah tersirami oleh air hujan, maka kegiatan penyiraman tidak perlu lagi dilakukan, tentunya apabila tingkat atau intensitas curah hujan dirasa sudah cukup memadai mengguyur tanaman hingga tampak segar dan bersih.

Apa fungsi air pada tanaman? air pada tanaman tidak lain berfungsi sebagai pelarut zat makanan dalam tanah atau media sehingga dapat dengan mudah terserap oleh akar tanaman. Dan perlu kita perhatikan bagaimana teknik menyiram tanaman yang baik. Teknik menyiram yang baik adalah dengan cara membuat air siraman seperti curahan air hujan, yaitu dengan mengatur nozzle (ujung alat pembentuk luarnya hasil semprotan air) alat penyemprot air pada ujung selang sehingga daun pada tanaman tersiram secara merata.

Tips :

Ada cara bagaimana mengecek tanah apakah sudah cukup air atau belum, yaitu dengan menusuknya menggunakan bambu, dimana bambu  ditusukkan ke dalam hingga dipastikan telah menyentuh bagian akar tanaman, lalu diamkan beberapa saat kemudian tariklah. Jika bambu pada ujung terlihat basah maka penyiraman bisa dikatakan sudah cukup memadai.

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More