Minggu, 12 Juni 2016

Kegiatan Penyiangan

Tanaman Sehat 


Bismillah,


Penyiangan adalah kegiatan pengurangan dan atau pengambilan tanaman pengganggu yang tumbuh di sekitar tanaman utama. Selain itu kegiatan penyiangan juga termasuk mengurangi batang atau ranting yag sudah tidak efektif lagi bagi tanaman, seperti ranting kering sudah mati namun masih menempel termasuk juga pelepah yang sudah kering yang masih ada atau menempel pada tanaman utama.

Apakah fungsi darir kegiatan penyiangan ini? fungsi utama dari penyiangan adalah untuk mengangkat gulma atau tanaman penngganggu yang tumbuh di sekitar tanaman utama, mengurangi kompetisi penyerapan makanan dan air bagi tanaman induk selain itu juga berguna untuk mengefektifkan serta memfokuskan penyerapan unsur hara tanaman ke bagian yang lebih dibutuhkan oleh tanaman utama.

Termasuk pula dalam kegiatan penyiangan ini yaitu keguatan pembersihan area taman dari sampah dan kotoran baik organik (yang berasal dari beda hidup) seperti daun-daun yang rontok atau batang kering termasuk juga unsur-unsur anorganik (yang berasal dari buatan pabrik) seperti botol, kaleng, plastik, dan benda benda lainnya.

Kalau kita perhatikan, pada tanaman utama biasanya di sekitar tempat tumbuhnya juga ditumbuhi dengan tanaman lain, sehingga hal ini menyebabkan terjadinya persaingan secara alamiah dalam penyerapan bahan makanan. Bukan tidak mungkin tanaman utama akan kalah besar pertumbuhannya dengan tanaman penggangggu tersebut, dimana ini seringkali terjadi. Untuk itulah maka tanaman pengganggu yang tumbuh di ekitar tanaman utama tersebut kita hilangkan dengan cara mencabutnya hingga akarnya terangkat.

Selain itu, kegiatan yang termasuk dalam kategori kegiatan penyiangan taman adalah juga penyapuan daun kering yang jatuh di area tanaman dan taman serta sampah-sampah yang ada di sekitarnya. Dalam hal ini termasuk juga pengawasan bilamana didapati binatang pengganggu dan berbahaya. Jenis hewan yang berpotensi ada dan mengganggu tanaman biasanya jenis ulat, berbagai jenis ular, tikus, atau hewan lainnya.

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More