Senin, 13 Juni 2016

Kegiatan Pemangkasan

Bunga Tumbuh Ideal


Bismillah,

Dalam kaidah pertamanan, pada dasarnya kegiatan pemangkasan berfungsi sama dengan kegiatan penyiangan. Akan tetapi, terdapat fungsi lain dari kegiatan ini yaitu membentuk tajuk tanaman sesuai dengan keinginan desain. Misalnya pada jenis tanaman pangkasan, tanaman pagar atau tanaman bentuk lainnya seperti bonsai.

Berikut ini tips untuk kegiatan pemangkasan :

1.     Untuk tanaman jenis rumput,sebaiknya kita menggunakan alat potong rumput, dengan mengatur ketinggian pangkasan dan memastikan area rumput bersih dari benda seperti batu-batuan, tali, atau benda keras lainnya yang dapat menghambat putaran pisau pada mesin potong. Anda juga harus memastikan telah menggunakan alat pelindung diri serta memperhatikan area sekitar sehingga anda dapat bekerja dengan aman

2.    Kemudian untuk jenis tanaman semak pangkas, bentukan atau jenis bonsai coba anda lakukan pemangkasan perlahan, dimulai dari bagian sisi bagian atas pada kelompok tajuk tanaman. Anda juga harus selalu yakin bahwa tanaman adalah benda hidup dimana setelah kegiatan pemangkasan, untuk selanjutnya daun dan ranting akan tumbuh kembali seperti halnya saat kita memangkas rambut

3.    Lalu untuk memangkas tanaman pagar, jika anda belum terbiasa memangkas jenis tanaman ini,  maka anda bisa menggunakan alat bantu tali sebagai pemandu, yang anda bisa ikatkan pada kedua ujung barisan tanaman dengan menggunakan tiang bambu sesuai dengan ketinggian yang diinginkan.

4.   Dan yang terakhir untuk jenis pohon, anda harus memastikan bahwa sekitar pohon aman dari arah jatuhnya hasil pangkasan. Apabila anda merasa cukup sulit maka jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan beberapa orang dari teman atau kenalan anda untuk membantu anda mengarahkan jatuhnya pangkasan.


Fungsi lain dair kegiatan pemangkasan adalah menghindarkan batang tanaman dari keadaan yang membahayakan akibat dari pertumbuhan tanaman tersebut. Misal batang tanaman atau ranting yang tumbuh mengarah kepada jaringan kabel listrik yang bertengangan tinggi, kabel telkom, atau ranting tanaman yang telah menyentuh bangunan orang lain sehingga berpotensi untuk membahayakan atau dapat merusak bidang arsitektur permukaan bagi pengguna atau juga tidak menutup kemungkinan membahayakan pengunjung seperti yang pernah terjadi akhir akhir ini.

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More