Rabu, 16 Agustus 2017

Pembuatan Vertical Garden di Universitas Terbuka Bandung

Vertical Garden UT Bandung

Per awal bulan Agustus 2017 kemarin, kami baru saja menyelesaikan pekerjaan pembuatan taman dan vertical garden di Universitas Tebuka Bandung. Perlu diketahui, bahwa kota Bandung memiliki gedung Universitas Terbuka yang cukup megah berlokasi di daerah Bandung Timur tepatnya di daerah Panyileukan. Untuk menemukan lokasi ini relatif mudah, karena kampus ini terletak tidak jauh dari gerbang perumahan Bumi Panyileukan, kurang lebih 100 meter saja dari gerbangnya. Mahasiswanya pun ternyata cukup banyak, dan berasal dari berbagai kota di Indonesia. Gedungnya masih relatif baru, sehingga masih terlihat segar dan rapi.

Awalnya kami menerima telepon dari salah satu staf Universitas Terbuka (selanjutnya dissebut UT), yang menginginkan agar kami bisa bertemu dengan pihak mereka untuk membicarakan masalah pengadaan taman dan vertical garden. Kami tentu sangat antusias menyambut permintaan ini, sehingga tidak lama setelah telepon itu, kami pun berangkat ke UT untuk bertemu dengan staf yang menangani pengadaan infrastuktur gedung termasuk pengadaan taman.

Alhamdulillah, pertemuan berjalan lancar dan benar, karena gedung masih relatif baru sehingga membutuhkan 'penyegaran' agar tampak lebih hijau dan asri. Selain dibutuhkan taman, dibutuhkan juga vertical garden dan penambahan tanaman hias untuk ditempatkan di beberapa titik di area gedung UT. Tahap awal, pihak UT meminta agar kami mengirimkan desain taman terlebih dahulu sebagai bentuk perencanaan fisik agar penampilan taman yang sudah jadi nantinya bisa tergambarkan sejak awal. Permintaan inipun segera kami respon dan alhamdulillah, desain yang kami ajukan cocok dengan apa yang pihak UT inginkan.

Selanjutnya, kami melakukan beberapa kali diskusi mengenai Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan. Diskusi dilakukan melalui pertemuan langsung, pembicaraan via telepon, dan juga komunikasi via email. Alhamdulillah, setelah beberapa kali diskusi, kamipun mencapai kesepakatan pada harga tertentu. Hal ini tidak lepas dari keterbukaan pihak UT mengenai budget yang dianggarkan, serta kesediaan mereka untuk berdiskusi mengenai komponen taman dan tanaman yang sesuai dengan budget. Keterbukaan pihak UT dalam hal ini sangat kami apresiasi.

Setelah seluruh proses negosiasi selesai, kamipun mengerjakan taman dan vertical garden yang dibutuhkan. Alhamdulillah pekerjaan cukup lancar dan selesai tepat pada target waktu yang ditetapkan, berkat pertolongan Allah Ta'ala. Tepat dua minggu setelah penyelsaian pekerjaan, kami menghubungi pihak UT untuk mengkonfirmasi apakah ada masalah, kendala, maupun komplain yang ingin disampaikan. Namun begitu, pihak UT menyampaikan bahwa sejauh ini taman dan vertical garden masih baik dan tidak ada kendala ataupun masalah. Alhamdulillah.

Terimakasih kami sampaikan kepada Universitas Terbuka Bandung, semoga tamannya dapat awet menghijaukan dan meng-asri-kan tampilan fisik gedung UT, dan semoga UT makin berjaya dan sukses ke depannya, aamiin..

Salam hangat,

Tukang Taman di Bandung

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More