Rabu, 14 September 2016

Percantik Taman Rumah Dengan Tanaman Hias Aglaonema

Tanaman Hias Aglaonema

Tanaman hias adalah tanaman yang sengaja ditanam dan dirawat untuk keperluan memperindah lingkungan. Tanaman hias ditanam para pemilik rumah atau bangunan-bangunan tertentu. Sehingga peminatnya pun sangat universal. Semua orang menyukainya dan tertarik untuk menanamnya sebagai tanaman hiasan rumah.

Aglaonema, Tanaman Hias Cantik

Salah satu alasan yang membuat banyak orang menyukai tanaman hias adalah banyaknya jenis tanaman hias yang cantik. Salah satunya adalah tanaman Aglaonema ini. tanaman ini juga banyak dikenal dengan tanaman Sri Rejeki (banyak orang menganggap tanaman ini pembawa rejeki, padahal keyakinan seperti ini tentu salah besar, karena Allah-lah sang pemberi rezeki). Habitat asli dari tanaman hias ini adalah di hutan hujan tropis.

Tanaman hias ini cocok ditanam dimana saja asalkan intensitas penyinaran cukup dengan kelembaban yang tinggi. Bentuk dari tanaman ini banyak disukai karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Selain itu, ada banyak variannya, mulai dari beragamnya warna, ukuran daun, dan lainnya.

Cara penanaman tanaman Aglaonema ini pun sangat mudah. Kita bisa memakai bermacam-macam media tanam, diantaranya adalah media pakis, sekam bakar, pasir Malang, cocopeat, dan kaliandra. Perawatannya pun cukup mudah, seperti penyiramannya yang bisa dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada sore hari dan pada pagi hari. Sedangkan untuk pemupukan, bisa dilakukan seriap 2 minggu sekali untuk menambah kesuburan tanahnya.

Macam-macam Tanaman Hias Aglaonema

Adapun beberapa macam tanaman Aglaonema, diantaranya adalah:

  1. Aglaonema Commutatum. Ciri khas dari jenis Aglaonema ini adalah bentuk daunnya yang seperti tombak dengan lebar 5-8 cm dan panjang 1-20 cm. beberapa varietas Aglaonema Commutatum ini sangat terkenal, yakni diantaranya adalah Aglaonema “Silver Queen”, Aglaonema “Pseudo-bractetum”, Aglaonema commutatum Treubi, Aglaonema roebellini, Aglaonema “Malay Beauty”, dan Aglaonema “Nitidum Curtisii”.
  2. Aglaonema Costatum. Ciri khas dari jenis Aglaonema ini adalah daunnya yang berwarna hijau tua dengan rusuk daun warna putih. Ukuran daunnya adalah 15 cm dan lebar 7,5 cm.
  3. Aglaonema modestum dengan daun berwarna hijau polos yang pendek dan lebar
  4. Aglaonema “Pride Sumatra dengan warna daun yang hijau kemerah-merahan yang dominan.”
  5. Aglaonema Brevispathum
  6. Aglaonema Bochinchinense
  7. Aglaonema Pumilum
  8. Aglaonemahospitum
  9. Aglaonema Simplex
  10. Aglaonema Densinervium
  11. Aglaonema Crispm
  12. Aglaonema Stenophyllum
  13. Aglaonem Tenuipes
  14. Aglaonema Pictum. Adapun beberapa varietasnya, yaitu Aglaonema Pictum “Bicolor”, Aglaonema Pictum “Tricolor”, dan Aglaonema Pictum “Poeloe”.
  15. Aglaonema Rotundum
  16. Aglaonema Marantifolium Blume
  17. Aglaonema Argentea
  18. Aglaonema Novoguineense
  19. Aglaonema Philippineense
  20. Aglaonema Serebryanyi
  21. Aglaonema Piereanum
  22. Aglaonema Cordifolium
  23. Aglaonema Borneense
  24. Aglaonema Cambodianum
  25. Aglaonema Angustifolium


Banyaknya jenis tanaman Aglaonema ini semakin membuat banyak orang menyukai tanaman ini. ditambah lagi dengan harganya yang sekarang bisa dibilang relatif terjangkau, menjadikan tanaman ini banyak dicai penikmat taman.


Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More